delisha Panggil sadja Delisha, Saat ini sedang menjalani profesi penulis dan editor di Kainpusat.

Kain Blacu

3 min read

kain-blacu

Bahan kain blacu merupakan kain yang paling sering digunakan untuk memproduksi souvenir. Souvenir yang paling banyak menggunakan kain blacu adalah tas tangan atau totebag. Selain digunakan untuk memproduksi tas totebag, kain blacu juga sering dimanfaatkan sebagai kreasi pada gamis, gaun ataupun dimanfaatkan sebagai kain hiasan.

Dulunya kain blacu hanya dikenal sebagai pembungkus gula hingga tepung terigu. Meski awal penggunaan kain blacu tidak terlihat terlalu menarik, namun makin ke sini kain ini semakin populer untuk memproduksi tas. Kain blacu sendiri dibuat dari bahan kapas alami yang dipintal menjadi kain berwarna putih gading. Yuk lebih jelas simak ulasan dari Kainpusat dibawah ini.

Mengenal Bahan Kain Blacu

Mengenal-Bahan-Kain-Blacu
source: tokopedia

Secara tidak sadar, Anda mungkin sebenarnya sudah sering menggunakan kain blacu sebagai bahan pakaian maupun produk souvenir.

Kain ini dulunya memang hanya digunakan sebagai pembungkus tepung dan gula karena memang memiliki tekstur yang cenderung kasar. Namun, kain blacu sendiri sebenarnya merupakan bentuk kain dasar dari kain mori.

Kain mori merupakan kain yang dibuat dari bahan kapas yang kemudian ditenun. Umumnya Anda menemukan kain mori dipasarkan dalam sediaan warna putih. Warna putih pada kain mori berasal dari proses bleaching atau pemutihan yang dilakukan pada kain blacu.

Ada dua jenis kain mori yang tersedia di pasaran yaitu kain mori dengan proses pemutihan dan kain mori alami tanpa pemutihan.

Kain mori yang dijual dalam bentuk belum dilakukan pemutihan juga disebut sebagai kain blacu. Di tahun 1960 sampai 1970an, kain mori merupakan kain yang sangat populer untuk digunakan sebagai bahan pakaian.

Karakteristik Bahan Blacu

Karakteristik-Bahan-Blacu
source: tokopedia

Kain blacu termasuk ke dalam salah satu jenis kain yang memiliki kualitas terendah.

Anda bisa menemukan kain blacu di pasaran yang dijual dalam bentuk warna putih gading ataupun sedikit abu-abu. Warna yang cenderung natural dari bahan kain blacu membuatnya lebih mudah untuk dikreasikan.

Kain blacu diproduksi dari bahan kapas yang kemudian dilakukan proses pemintalan atau spinning. Pemintalan merupakan proses pertama untuk mengubah kapas menjadi benang.

Benang yang terbentuk kemudian digulung agar berubah menjadi pintalan benang. Benang yang sudah terpintal ini kemudian ditenun agar benang berubah menjadi lembaran kain.

Karena bahan dasar yang terbuat dari kapas, kain blacu pun memiliki karakteristik yang lebih ringan.

Selain itu, kain blacu juga lebih mudah untuk dirubah bentuknya baik dengan ditekuk ataupun dijahit menjadi beragam bentuk. Kain blacu juga dapat digunakan hingga berkali-kali.

Kelebihan Kain Blacu

Kelebihan-Kain-Blacu
source: bikaya

1. Lebih Ramah Lingkungan

Kain blacu merupakan kain yang dibuat dari bahan dasar berupa kapas. Karena terbuat dari bahan alami yang kemudian ditenun putih dari kapas, kain blacu lebih ramah lingkungan dibandingkan jenis kain lainnya yang terbuat dari bahan kimiawi buatan. Sehingga, ketika baju sudah tidak digunakan karena usang, Anda dapat membuangnya langsung karena kain ini mudah terurai di tanah.

2. Lebih Terasa Adem di Kulit

Terbuat dari pintalan kapas yang kemudian dibuat menjadi lembaran kain, kain blacu apabila dipakaikan di kulit akan terasa dingin dan nyaman di kulit. Anda yang tinggal di daerah tropis seperti Indonesia akan merasakan rasa nyaman ketka menggunakan pakaian dari bahan blacu.

3. Aman Untuk Semua Kalangan

Kain blacu bisa digunakan untuk semua kalangan baik orang dewasa maupun anak-anak. Anak kecil yang memiliki kekebalan tubuh lebih rendah akan lebih aman menggunakan kain blacu karena terbuat dari bahan alami. Reaksi alergi pun kemungkinan kecil akan terjadi ketika menggunakan kain blacu.

4. Kain Blacu Lebih Fleksibel

Kain blacu, selain digunakan untuk membuat pakaian, kain ini juga paling sering digunakan untuk membuat souvenir seperti tas. Alasan para produsen memilih kain blacu untuk dijadikan souvenir karena bahan ini lebih fleksibel untuk dibentuk. Berbagai bentuk tas pun akan mudah dibentuk jika menggunakan kain blacu.

5. Harga yang Cenderung Lebih Murah

Kain blacu memiliki harga jual yang lebih murah sehingga dapat menekan biaya produksi jika digunakan untuk berjualan souvenir.

Kekurangan Kain Blacu

Kekurangan-Kain-Blacu
source: tokopedia

1. Hanya Tersedia Dalam Satu Warna

Kain blacu dipintal dari kapas murni tanpa penambahan pewarna pakaian sehingga kain ini hanya tersedia dalam satu warna yaitu putih gading. Sehingga ini menjadi tantangan tersendiri bagi Anda yang memproduksi souvenir dari kain blacu harus pandai-pandai dalam mendesain souvenir agar tidak membosankan.

2. Bahan Sedikit Kasar

Ada harga ada kualitas. Kain blacu yang ditawarkan dengan harga murah menawarkan kualitas kain yang sedikit kasar menyembul. Olhe karenanya kain ini banyak dipilih untuk bahan tas.

Kerajinan Kain Blacu

Kerajinan-Kain-Blacu
source: shopee

Dulunya, bahan kain blacu lebih banyak digunakan untuk emngmeas beras, gula maupun tepung. Sementara saat ini, berbagai jenis kerajinan banyak yang menggunakan bahan dasar kain blacu.

Kerajinan yang kini sedang populer dan memanfaatkan kain blacu sebagai bahan dasarnya adalah tas totebag.

Banyak orang memesan tas totebag baik untuk dijual ataupun untuk kebutuhan souvenir pernikahan.

Selain dimanfaatkan untuk totebag, kain blacu juga digadang menjadi salah satu alternative dari kantong plastik.

Dengan menggunakan kain blacu sebagai pengganti kantong plastik, maka lingkungan pun akan lebih aman terhadap limbah plastik yang sulit terurai.

Kain blacu juga sering dimanfaatkan untuk membuat kerajinan tangan tempat tisu dan taplak meja. Selain itu, kain blacu juga dimanfaatkan untuk sarung bantal serta gorden jendela di rumah. Gorden dari kain blacu dapat dibuat lipit-lipit maupun beranek bentuk lainnya.

Harga Kain Blacu

Harga-Kain-Blacu
source: souvenirmagetan

1. Harga Kain Blacu Per Meter

Harga yang dicantumkan di sini bukanlah harga standar melainkan harga rata-rata yang biasanya dipatok untuk satu meter kain blacu. Umumnya harga kain blacu dipatok berkisar Rp 11.000 sampai Rp 15.000 per meternya, bergantung lokasi. Untuk ukuran lebar kain blacu sendiri adalah 150 cm. Namun, ada pula yang menjual kain ini dengan ukuran lebar 160 cm.

2. Harga Kain Blacu Per Roll

Jika kebutuhan dalam skala besar, Anda bisa membeli satu roll kain blacu. Satu roll biasanya memiliki ukuran panjang mencapai 40 meter dan lebar 160 cm. Harga kain blacu per roll untuk daerah Jakarta umumnya dipatok Rp 600.000.

3. Harga Kain Blacu Warna Warni

Kain blacu warna warni mungkin terdengar sedikit aneh mengingat kain blacu memiliki ciri khas abu-abu dan putih gading. Warna kain blacu sendiri dihasilkan dari warna asli benang untuk menenun. Selain itu, proses pencelupan juga bisa menghasilkan warna pada kain. Harga kain blacu warna warni misalnya dipatok Rp 22.000/meter untuk daerah Surabaya.

Harga bahan kain blacu akan berbeda-beda dari satu tempat ke tempat lain. Harga di atas sendiri merupakan harga rata-rata pasar yang berlaku di sebagian wilayah Pulau Jawa. Untuk penggunaan skala besar, sangat disarankan jika Anda membeli dalam satu roll karena harga yang ditawarkan cenderung lebih murah ketimbang per meternya.

delisha
delisha Panggil sadja Delisha, Saat ini sedang menjalani profesi penulis dan editor di Kainpusat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *