mengenal bahan crepe
KAIN

Membahas Bahan Crepe: Karakteristik, Jenis & Tips Membeli

Di pasaran, Anda mungkin akan sering bertemu label bahan kain crepe, bahan ini memang sangat banyak di cari dan digunakan dalam dunia fashion seperti contohnya hijab, gamis maupun khimar. Untuk lebih mengenal bahan crepe yuk simak penjelasan dari kainpusat.com.

Megenal Bahan Kain Crepe

mengenal bahan crepe

Tentunya Anda sudah tidak asing dengan nama bahan kain crepe, bukan? Apalagi, dalam beberapa tahun belakangan bahan ini memang sangat populer digunakan dalam industri fashion kekinian. Di kalangan masyarakat awam, cara mengenali crepe yang paling simpel adalah melalui teksturnya. Apalagi, crepe mempunyai karakteristik sangat khas, karena permukaannya seperti kulit buah jeruk.

Tidak mengherankan, kalau ada banyak orang yang lebih mengenal bahan crepe sebagai kain kulit jeruk. Namun justru hal tersebut yang menjadi daya tariknya. Karena terbilang unik dan berbeda dengan bahan lain, wajar kalau produk pakaian dari crepe banyak dilirik oleh publik.

Karakteristik Bahan Kain Crepe

Karakteristik Bahan Kain Crepe

Terbuat dari bahan berupa serat sutra asli yang dihasilkan oleh ulat atau sutra buatan dari bahan yang bersifat sintetis, maupun kombinasi serat katun. Kain crepe memiliki Karakter yang lentur dengan tekstur yang permukaanya kelihatanya nampak berpasir atau berkerikil, kasar atau terlihat berkerut. meski begitu bahan ini ketika dipegang terasa sangat lembut, serta nyaman saat digunaka. bagus untuk bahan dasar hijab, gamis ataupun khimar.

Jenis-Jenis Bahan Crepe

Jenis Bahan Crepe

Jenis bahan kain crepe ini terbilang cukup variatif. Kalau tidak mengetahui detail perbedaannya, maka Anda akan sulit membedakan jenis satu dengan yang lainnya. Supaya tidak bingung, maka disini bakal di kupas tuntas mengenai macam-macam jenis crepe yang dijual di pasaran :

1. Bahan Moscrepe

Siapa yang tidak mengenal Moscrepe? Saat ini ada banyak sekali pakaian yang dibuat dari bahan dasar mosscrepe. Tekstur kainnya menyerupai butiran pasir tersusun rapi saat dipegang. Kalau dilihat lebih dekat, maka Anda akan melihat seperti ada pasir yang menempel. Meskipun sebenarnya itu merupakan serat kain tersebut sendiri.

Contoh bahan crepe jenis Moscrepe dapat ditemukan pada gamis, dan jilbab. Walaupun terasa sedikit kasar, namun bahan ini cukup halus, dan tidak menerawang. Selain itu juga tidak mudah kusut, jadi Anda tidak perlu cemas jika mengenakannya di acara formal.

2. Bahan Bubble Crepe

Diberi nama Bubble Crepe karena jenis tekstur kulit jeruk di bahan ini memang terlihat jelas. Bahkan kalau Anda melihatnya dari jauh. Meskipun agak tipis, namun Bubble Crepe tidak menerawang. Sebagaimana crepe jenis lain, Bubble juga memiliki tekstur ringan, jatuh, dan elastis sehingga dapat menyesuaikan dengan bentuk body Anda.

3. Bahan Arabian Crepe

Jenis ini merupakan duplikat kain Moscrepe, tapi dengan kualitas lebih bagus. Kalau dilihat, maka Arabian Crepe akan tampak sama persis dengan Moscrepe. Hanya saja, memiliki tekstur berbeda, yang hanya dapat dibedakan dengan cara menyentuhnya. Arabian Crepe lebih jatuh, halus, dan dingin kalau dibandingkan dengan Moscrepe.

4. Bahan Crezia Crepe

Diantara semua jenis crepe, Crezia memiliki elastisitas paling tinggi. Supaya lebih yakin, maka dapat meregangkannya secara diagonal, jadi bukan vertikal atau horizontal lagi. Bentuk yang ditawarkan juga terbilang tidak biasa, karena berupa susunan garis-garis seperti wajik. Ketebalannya sendiri tidak jauh berbeda dengan jenis Moscrepe.

5. Bahan Wollycrepe

Bahan Wollycrepe adalah crepe dengan tekstur kulit buah jeruk yang paling halus. Menariknya, harga pasarannya tidak jauh beda dengan Bubble Crepe, jadi cukup terjangkau. Saat ini Wollycrepe banyak dipakai untuk membuat produk seperti gamis dan juga jilbab Syar’i. Sebenarnya tidak mengherankan, karena kualitasnya memang sangat bagus.

6. Bahan Diamond Georgette

Kain ini adalah versi terbaru dari Diamond Italiano. Karakteristiknya adalah berupa tekstur kulit jeruk yang samar namun tetap tampak. Dibandingkan dengan seniornya, Diamond Georgette memang lebih kasar saat disentuh.

7. Bahan Diamond Italiano

Hadir dengan tekstur menyerupai Moscrepe, Diamond Italiano mempunyai garis lengkung lebih jelas, dan bahannya juga sedikit kasar. Namun harga kain  Diamond Crepe satu ini juga cheaper dibandingkan Moscrepe, sehingga tetap worth to buy.

8. Bahan Barbie Ceruti

Bahan ini juga dikenal dengan nama Babydoll. Barbie Ceruti merupakan jenis crepe paling ringan dan jatuh, tapi transparan. Selain tidak elastis, jenis ini terbilang sangat menerawang. Tidak heran kalau banyak tempat produksi pakaian yang membuat Barbie Ceruti sebagai alternatif Sifon.

9. Kain Baby doll

Bahan dari kain baby doll salah satu masuk dari keluarga kain crepe yang mana memiliki karakter kain yang kasar seperti pasir dan juga kainnya sangat jatuh adem sehinga banyak di gunakan sebagai bahan untuk jilbab.

Baca Juga : Bahan Fleece

Kelebihan dan Kekurangan Kain Crepe

Kelebihan dan Kekurangan Kain Crepe

Sebagaimana kain dari bahan lainnya, Crepe juga memiliki kelebihan serta kekurangannya sendiri. Di bawah ini adalah keunggulan dan kelemahan bahan kain crepe yang perlu diketahui oleh pecinta fashion.

Keunggulan crepe :

  1. Nyaman Dipakai
    Bahan crepe merupakan alternatif solusi terbaik untuk masyarakat daerah tropis. Pasalnya, kain ini sangat nyaman dan adem ketika bersentuhan dengan kulit.
  2. Tekstur Kain Jatuh
    Sebagian besar jenis Crepe mempunyai tekstur yang elastis. Saat digunakan sebagai pakaian, maka kainnya akan terlihat jatuh dan cantik. Selain itu juga lembut dipakai.
  3. Tekstur Kain Unik
    Crepe hadir dalam bentuk tekstur kulit buah jeruk yang unik. Anda tidak mungkin menemukan tekstur ini pada bahan kain lainnya.

Kelemahan crepe :

  1. Bahan Relatif Tipis
    Apabila Anda melakukan perbandingan antara crepe dengan bahan lain, maka akan menyadari betapa tipisnya kain satu ini. Meskipun begitu, untuk mengatasinya Anda bisa memilih crepe grade premium yang walaupun tipis tapi tidak menerawang.
  2. Susah Disetrika
    Karena bahannya relatif tipis, tidak heran kalau crepe juga susah disetrika. Hal ini karena kain akan mudah mengerut ketika terpapar tekanan suhu panas tinggi.
  3.  Transparan
    Ada beberapa jenis crepe yang memang kelihatan terlalu transparan, misalnya saja bahan matte crepe.

Tips Memilih Bahan Crepe Terbaik

Tips Memilih Bahan Crepe

Bagi Anda yang berniat membeli pakaian dari material crepe, sebaiknya tahu bagaimana cara memilih bahan terbaik supaya tidak menyesal. Apalagi, harganya bisa dikatakan lumayan kalau dibandingkan bahan lain. Di bawah ini adalah beberapa tips memilih kain crepe yang baik dan benar :

1.  Analisis Kebutuhan

Sebelum membeli, sebaiknya buatlah analisa mengenai kain seperti apa yang dibutuhkan. Misalnya kalau akan dipakai buat t-shirt, maka Anda harus memilih jenis yang bertekstur halus. Begitu pula jika digunakan sebagai cardigan, maka yang transparan juga ok.

2. Memilih Tekstur Kain yang Jatuh

Kain yang memiliki tekstur jatuh memang merupakan pilihan sempurna. Selain mudah diatur, biasanya juga adem kalau dipakai.

3. Membeli di Toko Terpercaya

Tidak bisa dipungkiri, bahwa toko tempat Anda membeli barang juga bisa menjadi penentu kualitas produknya. Begitu pula ketika hendak membeli kain crepe, sebaiknya pilihlah toko terpercaya yang sudah direkomendasikan oleh banyak pihak. Dengan begitu, peluang kerugian karena dapat barang jelek dapat diminimalisir.

Baca Juga :  Bahan Kain Jersey

Harga Pasaran Kain Crepe

Harga Pasaran Kain Crepe

Pernah membeli produk fashion dari material crepe dan penasaran dengan harga asli kainnya? Harga pasaran crepe sebenarnya berada di angka yang cukup terjangkau, yakni mulai Rp. 20.000 – Rp. 50.000 per meter. Setiap jenis mempunyai harga jual berbeda-beda. Jadi, harga juga menentukan kualitas kain yang akan didapatkan oleh konsumen.

Contoh mudahnya adalah harga kain diamond crepe, yang berada di level medium. Sedangkan untuk yang paling mahal adalah jenis Moscrepe, dimana harga per meternya mencapai angka lima puluh ribuan. Namun Anda juga tidak akan menyesal karena sudah mengeluarkan lumayan. Sebab kualitas Moscrepe juga jempolan.

Bahan crepe adalah solusi cerdas untuk Anda yang menyukai kain dengan tekstur unik dan beda. Terlebih lagi, crepe memiliki bobot ringan sehingga terasa nyaman ketika dikenakan. Di samping itu, harga crepe yang terjangkau menjadi nilai plus tersendiri. Karena Anda bisa tampil trendy menggunakan pakaian berbahan crepe, namun tidak perlu mengeluarkan anggaran besar.

Panggil sadja Delisha ❤ Seorang muslimah yang sedang menjalani profesi sebagai penulis dan editor di Kainpusat ❤.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *