KAIN

Membahas Kain Fleece, Bisa Untuk Membuat Sweater & Jaket

Setiap bahan jenis kain memiliki karakteristik jenis tekstur  berbeda-beda. Dari bahan Fleece dikenal memiliki ketebalan yang lebih baik dibanding jenis yang lain.

Banyak beredar dipasaran produk pakaian seperti jaket,Sweater, Jogger pants, Sweatpants, Hoddie, Selimut, dan Bedsheet yang terbuat dari bahan kain Fleece, dengan bahan kain yang hangat cukup banyak dibeli para konsumen.

Karakteristik Fleece yang lembut dan hangat kain ini banyak diminati, terlebih harganya yang murah. silahkan simak penjelasan berikut dari kainpusat.com.

Mengenal Bahan Kain Fleece

Mengenal Bahan Kain Fleece

Kain Fleece merupakan salah satu jenis kain yang banyak diproduksi berbagai macam konveksi. Kain jenis ini cenderung terlihat memiliki tekstur tersendiri. Dalam industri tekstil, bahan fleece adalah salah satu jenis kain yang paling sering dipakai sebagai bahan dasar membuat hoodie, jumper, atau sweater.

Karakteristik Bahan Kain Fleece

Karakteristik-Bahan-Kain-Fleece

Fleece sendiri memiliki sifat ramah lingkungan karena dapat didaur ulang. Kain ini mudah dikenali karena mempunyai karakteristik yang khas, yakni tekstur yang lembut dan permukaannya sedikit berbulu. Selain itu juga hangat saat dipakai.

Dibandingkan material kain lain seperti kain baby terry, bahan kain fleece bisa dibilang lebih unggul. Hal ini dikarenakan fleece memiliki sirkulasi udara yang sangat baik. Jadi, mampu menyerap keringat, air, dan panas sehingga terasa nyaman serta tidak gerah saat dikenakan. Tidak mengherankan kalau produk dari bahan ini sangat diminati oleh para konsumen.


Baca Juga : Bahan Kain Ulos


Jenis-Jenis Kain Fleece

Jenis Kain Fleece

Ada beberapa jenis dari kain fleece yang beredar di pasaran. Setiap jenis tentu punya kelebihan serta kekurangannya sendiri. Bagi yang tidak paham mengenai kain tekstil, pasti akan bingung membedakannya. Oleh sebab itu, untuk mendapatkan kualitas terbaik sesuai kebutuhan, sebaiknya ketahui apa saja perbedaan dari 4 jenis kain fleece yang umum digunakan.

1. Fleece Cotton

Fleece jenis cotton terbuat dari campuran bahan cotton atau katun. Hal tersebut pula yang membuat karakteristik kainnya lebih lembut dan halus dibandingkan fleece jenis lain. Di bawah ini adalah ciri-ciri bahan fleece cotton yang paling mencolok :

  • Permukaan kain bagian luar dan dalam mempunyai tingkat kehalusan yang sama
  • Memiliki kualitas bagus, dan terasa nyaman serta hangat saat dipakai
  • Serat kainnya kelihatan lebih kasar jika dibandingkan bahan kaos
  • Bagian permukaan terasa halus, lembut, dan sejuk di kulit

2. Fleece Polyethylene (PE)

Beberapa ciri dan sifat PE yang dapat dengan mudah dikenali antara lain adalah :

  • Tekstur kainnya terasa lebih kaku kalau dibandingkan fleece cotton. Oleh karenanya, bahan ini lebih sering digunakan sebagai outer
  • Material fleece polyethylene kelihatan sangat mengkilap karena kandungan kadar polyester-nya lebih tinggi
  • Tampilan luar permukaan fleece PE tampak seperti bahan kaos, namun dengan tingkat ketebalan berbeda. Karena fleece ini jauh lebih tebal dibandingkan bahan kaos PE
  • Outer yang dibuat dari material fleece PE umumnya tampak lebih sporty dan elegan. Wajar saja kalau produk dari fleece jenis ini sangat digilai oleh anak-anak muda

3.Fleece CVC

Terakhir ada fleece CVC atau Cotton Viscose. Untuk mengenali bahan ini terbilang sangat mudah, karena tekstur serat CVC terbilang kasar ketika bersentuhan dengan kulit. Anda bisa dengan mudah mengenalinya hanya dengan sekali sentuh saja. Karena teksturnya yang kasar, contoh bahan fleece CVC dapat dilihat pada produk seperti jaket

Kalau dibandingkan fleece cotton PE, maka kualitas CVC masih di bawahnya. Hanya saja perbedaannya tidak begitu signifikan, dan harganya juga lebih murah. Jadi, masih tetap layak dijadikan alternatif solusi untuk produk fashion sehari-hari.

4. Fleece Polar

Jenis kain fleece yang memiliki serat sintetis dengan nama fleece polar yang diambil dari nama produk prusahaan ternama Malden Mills “ polartec ”, tepatnya pada tahun 1979. Kain polar sendiri ternyata terbagi menjadi dua macam  jenis yaitu pil dan non pil, untuk lebih jelasnya :

  • Fleece anti pil itu diartikan kain yang memiliki kualitas tinggi.
  • Fleece non anti pil memiliki kualitas lebih rendah

Kelebihan dan Kekurangan Bahan Fleece

Kelebihan dan Kekurangan Bahan Fleece

Kain tekstil fleece memang sudah terkenal dengan berbagai keunggulan yang dapat memanjakan konsumen. Mau tahu apa saja keuntungan membeli produk material fleece? Di bawah ini adalah beberapa kelebihan bahan fleece dibandingkan kain jenis lain :

1.Elastis

Fleece mempunyai tingkat elastisitas cukup tinggi. Hal ini pula yang membuat produk fleece gampang dilipat. Bahkan meskipun bentuknya adalah sebuah jaket tebal. Di samping itu, pakaian dari fleece juga sangat fashionable karena menyesuaikan dengan bentuk badan saat dipakai. Jadi, akan tetap kelihatan pas meskipun berat badan Anda bertambah.

2.Cepat Kering

Pakaian dari fleece merupakan alternatif solusi terbaik untuk dikenakan saat musim hujan. Selain hangat dipakai, bahannya juga lebih cepat kering. Hanya dengan diangin-anginkan tanpa harus dijemur di bawah terik matahari, maka bisa mengering sempurna. Dengan begitu, Anda tidak perlu takut kehabisan busana lagi ketika rainy season.

3.Lembut

Tekstur fleece yang lembut pasti akan memberikan kenyamanan tersendiri ketika dipakai. Kalau Anda memiliki alergi tertentu pada jenis pakaian dengan bahan yang kasar, maka pakaian dari bahan fleece premium adalah alternatif solusi terbaik. Karena selain rasa nyaman, fleece juga aman dikenakan oleh kulit sensitif.

4.Proses Sirkulasi Udara Berlangsung Lancar

Meskipun dalam keadaan basah, namun fleece tetap bisa menjadi isolator untuk tubuh pemakainya. Kemampuan breathability yang dimiliki bahan ini membuat proses sirkulasi udara bisa berjalan dengan baik. Jadi, Anda bisa tetap merasa hangat saat memakai fleece, tanpa merasa gerah. Karena bahan ini dapat menyerap keringat dan air dengan baik.

5.Harga Terjangkau

Meskipun rata-rata dibanderol dengan harga cukup murah, namun kualitas bahan fleece tidak bisa disepelekan. Fleece bahkan terkenal sebagai salah satu kain yang awet dan tahan lama jika dikenakan sewajarnya. Sekarang Anda bisa mendapatkan produk pakaian bagus dengan harga yang sangat friendly.

Kekurangan fleece :

1.Lapisan Bagian Luar Mudah Terkelupas

Apabila sering dipakai, maka lama kelamaan lapisan luar fleece bisa mengelupas. Terlebih lagi kalau sudah Anda gunakan dalam jangka waktu lumayan lama. Guna menghindari hal tersebut, maka sebaiknya pakailah fleece hanya saat dibutuhkan. Selain itu, setelah dipakai simpanlah di tempat yang aman. Idealnya terlindung dari paparan sinar matahari.

2.Berat

Seperti telah dikatakan sebelumnya, kalau fleece ini umumnya digunakan pada produk pakaian hangat. Jadi, sudah pasti lebih berat kalau Anda bandingkan dengan bahan lain.

3.Mudah Kotor

Karena memiliki tekstur berbulu luar dalam, maka fleece sangat rawan kotor. Terlebih kalau Anda mengenakannya untuk keluar rumah, maka debu dan partikel lain akan gampang terperangkap. Oleh sebab itu, pakaian dari fleece harus sering dibersihkan.

4.Proses Mencuci Harus Ekstra Hati-Hati

Bahan satu ini warnanya akan cepat pudar kalau terlalu sering Anda cuci. Oleh karenanya, jangan langsung dicuci kalau hanya dipakai sebentar. Sebaiknya gantung saja di tempat yang aman, dan baru cuci jika sudah benar-benar kotor. Selain itu, jangan pernah menggunakan pemutih maupun pelembut pakaian saat mencuci.

Kegunaan Pakaian Bahan Fleece

Kegunaan Pakaian Bahan Fleece

Mau tau Kegunaan dari bahan Fleece? Coba lihat jaket yang ada di rumah Anda, mungkin itu salah satu yang menggunakan bahan kain Fleece. Karena bahan ini cukup tebal cocok untuk pakaian yang hangat salah satunya juga cocok untuk selimut atau badcover dan memang bahan ini salah satu kelebihan kain Fleece. 8 kegunaan dari bahan fleece ada dibawah ini.

1. Selimut

Salah satu kegunaan yang mungkin sering Anda gunakan ketika tidur karna bahan yang dapat menghangatkan tubuh. Biasanya bahan Fleece ini banyak dipake untuk membuat selimut untuk jenis anak-anak terutama yang berbahan Fleece Cotton, dari bahan Fleece cotton mempunyain tekstur kain yang lebih halus yang lebih nyaman dugunakan dan sangat disukai orang.

2. Jaket

Mengunakan bahan Fleece membuat Jaket terasa hangat, biasanya jaket salah satu pakeian yang sering kita bawa ketika berpegian. Apalagi ketika suasana udara dingin dan cuaca tidak menentu wajib banget untuk dibawa. Jaket bergaya sporty dengan bahan Fleece yang banyak diminati dipasaran, item yang paling banyak di beli disitus online. Karna model jaket sport sangan keren ketika di gunakan berpegian.

3. Hoodie

Salah satu pakaian yang fungsinya sama yaitu menghangatkan tubuh seperti jaket. Hoodie mempunyai model yang beda dari jaket, dan juga bukan hanya sebagai pakaian hangat saja tetapi juga digunakan sebagai fashion dengan gaya model moderen yang banyak disukain cewek-cewek remaja, salah satu alasannya karena bahannya yang bagus.

4. Sweatpants

Orang menyebut sweatpants dengan sebutan celana jogger, sweatpants biasa digunakan untuk olah raga seperti jogging atau olahraga gym. Dengan bahan fleece yang lentur, terasa nyaman untuk mengikuti setiap gerakan olahraga, serta mudah menyerap keringat dalam kedaan berkeringat terasa tetap nyaman digunakan.

5. Bedsheet

Biasa orang menyebutnya sprei yang digunakan untuk menutupi atau melapisi kasur tempat tidur. Sprei dengan berbahan Fleece bagus banget untuk melapisi kasur agar terasa hangat, tapi bahan Fleece mudah kotor harus memilih warna yang tepat agar tidak terlihat kotor ketika digunan.

6. Jogger pants

Pasti sudah tau kan celana jogger, Celana jogger banyak diminati para wanita dengan bahannya yang bagus membuat gerakan  terasa nyaman saat digunakan berolahraga.

7. Lap Piring / Lap tangan

Dari Bahan fleece bisa juga digunakan untuk produk lap piring atau lap tangan dengan bahannya  memiliki daya serap tinggi cocok banget dibuat produk ini.

8. Handuk Motif

Nah salah satu ini mungking jarang kita ketahui, Dari banyaknya produk handuk ternyata ada handuk yang bermotif lucu dijual online dari bentuknya yang lucu bermotif ternyata terbuat dari kain fleece, bagi anda yang belum mengetahuinya silahkan cek di situs online.

9.Keset

Ternyata ada juga loh kain fleece digunakan untuk keset, cocok baget di simpen didepan kamar madi apalagi bermotif cantik.

Harga Kain Fleece Terbaru 2020

Harga kain fleece bisa dibilang sangat variatif, tergantung pada jenis, dan dimana Anda membelinya. Karena setiap toko memang memiliki standar harganya sendiri, ada yang lebih murah, dan lebih mahal. Supaya mendapatkan penawaran terbaik, maka sebaiknya pilihlah toko yang benar-benar terpercaya. Apalagi, di era modern ini Anda bisa dengan mudah membeli fleece secara online.

Di marketplace terpercaya seperti Lazada misalnya, kain fleece tebal jenis PE dibanderol dengan harga rata-rata Rp. 71.000/ 280 gram. Kalau menurut Anda masih terlalu mahal, maka bisa membuat komparasi dengan platform jual beli lainnya. Selain itu, jangan lupa kalau harga juga bisa menjadi penentu kualitas.

Cara Merawat Pakaian Berbahan Fleece

Cara Merawat Pakaian Berbahan Fleece

Seperti biyasanya anda hanya perlu memperlakukanya sama seperti ketika merawat pakainan anda lannya. Sangat mudah dilakukan dibandingkan perawatan pada kain jenis lainnya seperti kain blacu, kain linen, kain raju, kain wol.

Namun, anda pasti ingin membuat kain bertahan lama dan tetap bagus/fresh, anda hanya perlu baca beberapa poin penting ketika Anda melakukan pencucian, penjemuran, dan penyetrikaan pada jenis kain ini.

1. Cara mencuci pakaian berbahan Fleece

Yang harus diperhatikan Saat mencuci mengunakan mecin cuci atau manul gunakan sabun cuci baju yang berbahan lembut contoh seperti rinso cair, bagus untuk mencuci pakaian yang berbahan freece. Sebaiknya jangan mengunakan berbahan yang membuat kain rusak seperti pemutih. Serta jangan mengunakan sikat kasar pakei sikat yang berbulu halus.

2. Cara menjemur pakaian berbahan Fleece

Langkah selanjutnya adalah menjemur pakaian. Sebenarnay proses penjemuran tak jauh berbede dengan menjemur pakaian lainnya.

Sebagai Catatan penting agar pakaian terlihat awet warna terjaga dan tahan lama, hindari pakaian dari sinar matahari langsung. Hal ini dapat mencegah pemudaran warna pada pakaian Anda. Atau anda juga bisa membalikan pakaian terlebih dahulu sebelum menjemurnya.

3. Menyetrika bahan Fleece

Sebaiknya jangan menyetrika pakain yang berbahan Fleece. Serat dari kain ini tidak tahan terhadap panas berlebihan, Anda bisa langsung melipatnya atau digantung menggunakan hanger.

Apa Perbedaan Bahan Kain Fleece dan BabyTerry ?

Perbedaan Kain Fleece dan BabyTerry

Banyak pertanyaan tentang perbedaan kain fleece dan baby terry itu seperti apa? apa lebih bagus bahan baby terry?  Sebenarnya dari kedua bahan kain ini terlihat sedikit mirip, dari karakter kain sama- sama memiliki bahan yang lembut. untuk lebih jelasnya baca berikut ini:

Komposisi Kain

  •  Kain Fleece terbuat dari gabungan antar katun 80 persen dan imitasi wool 20 persen.
  • Kain Baby Terry terbuat dari dua jenis katun 80 persen dan polytreey 20 persen.

Karakter Kain

  • Kain Fleece memiliki bahan lembut sedikit lebih kaku, lebih kasar, lebih tebal dan warna lebih terang dibanding dengan babyterry.
  • Kain Babyterry memiliki perbedaan yang sangat lembut, lentur dan memiliki banyak jenis warna.

Sifat Bahan

  • Pakaian yang berbahan Fleece ketika digunakan cukup gerah apabila dikenakan saat cuaca panas siang hari. Kurang nyaman digunakan.
  • Kain babyterry cocok dugunakan di daerah tropis, bahannya dingin ketika digunakan siang hari.

Berapa Harga Bahan Fleece & Baby terry?

  • Baby terry berkisar antara Rp 75.000,- hingga Rp 120.000,- /kg lebar (±)180Cm
  • Fleece di pasaran berkisar antara Rp 45.000/Kg hingga Rp 145.000/Kg

Beberapa kain memiliki ciri khas tersendiri dengan berbagai jenis dan keunggulan. Dengan pilihan yang tepat Anda tingal memilihnya sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan. Dari informasi yang kami sampaikan semoga dapat membantu Anda.

Panggil sadja Delisha ❤ Seorang muslimah yang sedang menjalani profesi sebagai penulis dan editor di Kainpusat ❤.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *