delisha Panggil sadja Delisha, Saat ini sedang menjalani profesi penulis dan editor di Kainpusat.

Kain Wol

3 min read

kain-wol

Bahan kain wol merupakan jenis kain yang paling banyak dipilih dan digunakan di tempat dengan kondisi cuaca yang dingin. Benang wol seringkali dimanfaatkan untuk dibuat kain syal rajutan yang dapat menghangatkan tubuh. Selain itu, kain wol juga banyak diproduksi untuk membuat sweater, jaket dan pakaian penghangat musim dingin.

Karakteristiknya yang tebal sangat disukai untuk menghangatkan tubuh orang-orang yang tinggal di negara empat musim saat musim salju datang. Wol sendiri termasuk sangat populer di industri tekstil. Yuk kenali jenis kain berikut ini dari Kain pusat.

Mengenal Bahan Kain Wol

Mengenal-Bahan-Kain-Wol
source: tokopedia

Kain wol adalah kain yang sangat populer di industri tekstil Eropa, Amerika hingga beberapa negara empat musim lainnya. Karakteristiknya yang tebal mampu menghalau angin dari luar tubuh menembus kulit sehingga sering digunakan di musim panas.

Di industri tekstil sendiri ada beberapa jenis kain wol yang sering diproduksi. Misalnya saja kain wol murni, kain wol merino dan lightweight wol.

Karakteristik Bahan Wol

Karakteristik-Bahan-Wol
source: pixabay

Benang wol dibuat dari bahan dasar berupa bulu domba ataupun bulu dari hewan lainnya yang memiliki karakteristik hampir sama. Benang wol yang dihasilkan kemudian ditenun dengan mesin hingga menjadi lembaran kain.

Karena dibuat dari susunan serat bertumpuk, bahan wol berkarakteristik tebal Kain ini juga dibentuk dari berbagai lemak, polimer protein asam amino, kalsium serta sodium sehingga termasuk kain yang awet.

Kelebihan Dari Kain Wol

Kelebihan-Dari-Kain-Wol
source: tokopedia

1. Kain Berkualitas Terbaik

Kain yang dibuat dari bahan bulu domba ini memiliki kualitas yang sangat baik. Kain ini juga termasuk kain terawet yang ada di dunia industri tekstil. Dengan tekstur tebal, kain wol sering dimanfaatkan sebagai bahan pembuat jaket, mantel dan pakaian hangat di daerah empat musim seperti Amerika, Rusia dan Eropa. Selain itu, kain wol sulit untuk dipalsukan sehingga wol di pasaran hampir dipastikan adalah asli.

2. Ketahanan Terhadap Api

Kain wol ditenun dengan sangat rapat dengan banyak lapisan untuk mencegah udara dingin menembus ke kulit. Karena tekstur pada bahan inilah yang membuat kain wol hanya mengandung kadar oksigen sangat kecil di seratnya. Alhasil, kain wol akan sangat sulit untuk terbakar jika Anda bandingkan dengan jenis kain lainnya yang memiliki kandungan oksigen tinggi di seratnya.

3. Daya Serap Air / Keringat

Keuntungan lain dari kain wol adalah sifatnya yang dapat menyerap keringat ataupun air dengan cepat. Daya serapnya yang tinggi membuat kain ini tidak hanya cocok digunakan di musim dingin, namun juga bisa digunakan di bawah sinar matahari yang membuat tubuh berkeringat. Alhasil, mengenakan wol yang tebal justru akan membuat keringat di tubuh cepat kering karena diserap wol.

4. Cocok untuk Berbagai Jenis Kulit

Bahan wol terbuat dari bulu domba dengan pengolahan yang hanya melibatkan sedikit bahan kimia. Karena terbuat dari bahan alami, kain wol ini cenderung tidak menyebabkan alergi pada kulit ataupun iritasi. Pakaian yang terbuat dari kain wol juga lebih ramah untuk segala usia dari mulai anak-anak hingga orang lanjut usia.

5. Melindungi Kulit Dari Sinar UV

Meski memiliki karakteristik tebal, namun jangan menyepelekan keunggulan yang dimiliki oleh kain wol. Anda justru disarankan untuk menggunakan kain tebal ini ketika sedang beraktivitas di luar ruangan. Pasalnya, meskipun panas, namun kain wol yang tebal ini memiliki kemampuan untuk mengurangi paparan sinar UV dari matahari langsung. Alhasil, kulit Anda pun lebih terlindungi dari risiko kanker kulit.

Kekurangan Kain Wol

Kekurangan-Kain-Wol
source: aliexpress

1. Noda Baju Susah Dibersihkan

Kain wol memiliki karakteristik cukup sulit untuk menghilangkan noda yang menempel di atasnya. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan pakaian yang terbuat dari kain wol dengan hati-hati agar tidak mudah terkena noda, terutama noda tumpahan air berwarna seperti kopi, kuah makanan dan sebagainya. Jika Anda memaksa menyikat kain wol untuk menghilangkan noda justru akan membuatnya rusak dan berbulu.

2. Kurang Cocok untuk Iklim Indonesia

Pakaian yang dibuat dari bahan utama berupa kain wol memang tidak terlalu populer di Indonesia ataupun negara iklim tropis lainnya. Pasalnya, negara tropis seperti Indonesia lebih banyak mengalami musim kemarau atau panas ketimbang musim penghujan. Oleh karenanya, jenis kain wol yang lebih banyak diminati di Indonesia adalah wol dengan campuran katun ataupun sutra agar tekstur lebih dingin.

3. Kainnya Berat

Kain wol dibuat dengan susunan serta yang menumpuk sehingga membuatnya berat terutama ketika dicuci dan terkena air.

Harga Kain Wol

Harga-Kain-Wol
source: eseragam

1. Harga Kain Wol Meteran

Harga kain wol yang dijual meteran sangat beragam. Beberapa faktor yang mempengaruhi harga kain wol adalah merek produsen pembuat kain hingga lokasi penjualan. Contoh harga kain wol pure 100% asli akan dijual di kisaran harga Rp 200.000 sampai Rp 250.000 per meternya sementara ukuran lebar adalah 1,4 meter.

2. Harga Kain Wol Bahan Jas

Kain wol juga dapat digunakan untuk membuat baju jas untuk keperluan resmi seperti ke kantor dan rapat. Harga bahan pakaian dari kain wol bergantung dari lokasi tempat membeli. Harga kain wol rata-rata di tanah abang dengan lebar kain 1,5 m dijual di kisaran Rp 250.000 sampai Rp 300.000 per meternya.

3. Harga Kain Wol Silk Italy

Bahan kain wol terkadang juga dicampur dengan bahan sutera untuk membuatnya lebih halus dan lembut. Salah satu merek kain yang diminati adalah Aline Italy Silk Wol. Kain ini umumnya dijual dengan harga per meternya Rp 75.000 untuk lebar bukaan kain 1,5 meter.

4. Harga Kain Silk Wol Per Meter

Kain silk wol dapat digunakan untuk membuat rok, jas wanita hingga seragam. Bahan ini memiliki karakteristik lembut. Harga kain silk wol per meter umumnya dijual di kisaran Rp 100.000 per meternya dengan lebar kain 1,5 meter.

5. Harga Kain Wol Bahan Jas

Untuk membuat bahan jas dari kain wol umumnya dibutuhkan panjang kain sebesar 1,3 m sampai 1,5 meter. Ukuran panjang bergantung dari lebar kain dan juga ukuran orang yang akan menggunakannya. Harga kain wol untuk bahan jas yang dibuat dari 100% serat wol dengan lebar 1,5 m dijual di kisaran harga di atas Rp 200.000 sampai Rp 300.000.

Penggunaan Bahan Kain Wol

Penggunaan-Bahan-Kain-Wol
source: tokopedia

Hampir sama dengan berbagai jenis bahan kain lainnya, Anda bisa memanfaatkan bahan kain wol untuk membuat mantel, celanan, jas hingga berbagai baju dengan model klasik lainnya. Baju seragam kantor juga dapat menggunakan bahan kain ini yang memiliki karakteristik lembut dan halus. Selain itu, kain wol juga sering digunakan untuk memproduksi pakaian penghangat tubuh, sweater, jaket dan sebagainya.

Jika Anda sering merasa kedinginan akibat cuaca di tempat Anda, sangat disarankan agar Anda menggunakan pakaian berbahan wol. Selain menghangatkan, bahan kain wol juga dapat menyerap keringat agar tubuh tetap kering.

Mau tau info lebih lanjut tentang seputar kain? atau ingin memesan kain yang telah kami jelaskan?
 

Silahkan hubungi kami via no: Whatshaap Admin : +62822-8230-1764

 

delisha
delisha Panggil sadja Delisha, Saat ini sedang menjalani profesi penulis dan editor di Kainpusat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *