Bahan supernova
KAIN

Populernya Bahan Supernova Untuk Segala Macam Busana

Bahan supernova merupakan salah satu jenis kain yang paling populer untuk dijadikan sebagai bahan pembuatan pakaian, terutama untuk kemeja pria. Bahan ini masuk ke dalam klasifikasi katun sehingga memiliki karakteristik yang nyaman dipakai dan tidak gerah. Selain itu, kain katun supernova adalah kain buatan lokal yang kualitasnya tidak kalah dengan katun import.

Kain ini memang secara umum bertekstur agak jatuh, namun ada dua jenis supernova fabric yang ada di pasaran yaitu jenis sedang yang ringan dan agak jatuh dengan jenis tebal, yang sesuai dengan namanya, memiliki serat benang yang lebih tebal dan lebih kaku daripada jenis sedang.

Bahan supernova

Pengertian Bahan Supernova

Salah satu bahan yang nyaman digunakan untuk daerah berhawa cenderung panas seperti negara tropis adalah katun supernova. Sebab, bahan supernova adalah bahan yang ringan dan dingin, sehingga cocok untuk digunakan di cuaca yang panas.

Kain ini sering dibandingkan dengan kain toyobo, yang merupakan barang impor. Jika dilihat sekilas memang terlihat cukup mirip, namun ada perbedaan di antara keduanya, yaitu dari segi ketebalan kain. Kain toyobo lebih tebal dibandingkan dengan supernova. Terlebih lagi, harga toyobo juga lebih mahal.

Sama seperti katun lainnya, supernova fabric juga dipintal dari benang dengan menggunakan mesin. Agar menghasilkan kain yang sempurna, terdapat beberapa tahapan yang harus dilalui benang mulai dari pemilihan bahan hingga pemintalan.

Proses Pembuatan Bahan Supernova

1. Pengaturan Mesin

Dalam industri pembuatan kain, mesin pemintal memiliki peran penting. Dengan menggunakan mesin, mulai dari 5 gauge hingga 12 gauge, maka kain bisa diproduksi dengan mudah daripada menggunakan mesin pintal manual.

Agar mendapatkan hasil maksimal, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah mengatur mesin sesuai dengan kebutuhan. Proses ini termasuk pemasangan benang ke dalam mesin. Benang yang digunakan tentu menyesuaikan warna dan juga desain yang sudah ditentukan sebelumnya. Pengaturan benang juga akan berdampak pada hasil akhir serat kain, yaitu renggang atau rapat.

2. Proses Penggesekan

Meskipun menggunakan mesin otomatis, namun masih diperlukan sentuhan manusia pada proses pembuatan kain. Salah satunya adalah penggesekan jarum secara manual. Pola yang dibentuk adalah mengikuti gerakan dari kiri ke kanan. Hal ini bertujuan untuk mengecek hasil pola rajutan. Jika sudah sesuai dengan desain yang diharapkan, maka mesin bisa dijalankan.

Selain menentukan pola, proses ini juga bisa memberi gambaran tentang panjang dan lebar hasil kain nantinya, serta mengetahui perpaduan warna yang dihasilkan.

3. Penyambungan

Setelah kain dirajut, maka untuk mendapatkan desain akhir yang diinginkan maka harus memasuki proses selanjutnya yaitu penyambungan. Proses penyambungan ini juga dilakukan dengan mesin yang dinamai dengan linking machine.

Mesin ini juga menggunakan jarum seperti mesin dalam proses penggesekan. Hanya saja, perbedaan jarum antara kedua mesin ini terletak pada jenis jarum yang digunakan. Model jarum pada mesin linking ini akan menghasilkan kain yang lebih halus dan terlihat tanpa sambungan.

Hasil akhir dari mesin penyambung ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan, entah itu berbentuk pakaian, syal jadi atau bahan kain saja

Baca Juga: Bahan Rayon

Kelebihan Model Baju Bahan Supernova

1. Harga Terjangkau

Seperti yang sudah disinggung di atas, bahan supernova merupakan bahan yang disukai para pengrajin baju karena memiliki harga yang terjangkau namun dengan kualitas yang cukup memadai. Dengan harga bahan baku yang memadai maka tentu saja akan berimbas pada harga akhir baju yang tentunya akan jadi terjangkau pula.

Walaupun dibilang murah, namun baju supernova tidak bisa dibilang murahan. Dengan perawatan yang benar, maka baju dengan bahan ini juga bisa awet dan tahan lama.

2. Fleksibel

Jika dulu bahan jenis ini hanya populer digunakan untuk kemeja pria saja, sekarang ini model pakaian yang menggunakan bahan ini sudah bermacam-macam. Dan hampir semua model baju bisa menggunakan supernova fabric, termasuk kerudung.

Hal ini membuat supernova fabric menjadi primadona sebab bisa menjadi substitusi kain toyobo yang juga diminati namun berharga lebih mahal.

3. Bahan Nyaman

Karena tekstur kainnya yang adem, maka siapapun yang menggunakan baju dengan katun supernova pasti akan merasa nyaman. Terlebih jika cuaca sedang panas, maka baju ini akan cocok digunakan karena tidak akan membuat Anda memproduksi keringat terlalu banyak.

Meskipun cukup tipis, namun tidak terlalu menerawang. Anda masih bisa memadukannya dengan baju lain, sehingga penampilan Anda lebih menawan.

4. Ringan

Meskipun tidak seringan bahan wolfis atau wollycrepe, tapi karakter katun supernova juga masih bisa terbilang ringan. Hal ini membuat supernova fabric cocok untuk dijadikan bahan pembuatan pakaian untuk hampir segala suasana.

Karena bahannya yang ringan pula lah, maka pemakainya bisa bergerak dengan lebih bebas walaupun mengenakan pakaian panjang dengan bahan kain ini.

5. Elegan

Jika dilihat, karakter katun supernova terlihat seperti rintik gerimis yang rapat. Ciri ini disebut dengan misty. Hal ini merupakan salah satu kelebihan dari katun supernova karena membuat kain ini nampak elegan. Pakaian formal dan semi-formal juga cocok menggunakan kain jenis ini.

Salah satu jenis supernova fabric yang juga populer adalah bahan supernova denim. Bahan ini mirip dengan bahan jeans, namun lebih halus dan tidak tebal. Kain ini cocok untuk digunakan sebagai bahan baju santai namun terkesan mewah.

Cara Perawatan Kain Supernova

1. Tidak Perlu Rajin Disetrika

Walaupun bahan baju supernova terlihat kusut, namun ada baiknya untuk tidak sering-sering menyetrika kain ini. Hal ini disebabkan kain yang tidak terlalu tebal, sehingga akan sensitif terhadap panas.

Anda bisa menyetrikanya jika akan digunakan. Jika akan menggunakan pakaian dengan bahan ini, maka set setrika Anda pada suhu low-medium. Anda tidak perlu kuatir dengan tekstur kain yang terlihat seperti ada benang-benang tercerabut, sebab ini memang salah satu karakter unik dari katun supernova.

2. Cuci Dengan Tangan

Sama seperti jenis kain satin, chiffon dan semua kain lembut lainnya, ada baiknya untuk tidak menggunakan mesin cuci ketika mencuci kain ini. Jika pun Anda harus mencuci dengan mesin, pastikan tidak tercampur dengan bahan lain menggunakan mode paling lembut.

Hal ini untuk menghindarkan kain menjadi sobek karena tarikan dengan bahan lain ketika diputar di dalam mesin. Selain itu, gunakan deterjen yang lembut agar tidak merusak tekstur kain. Pisahkan juga katun supernova berwarna putih dengan kain berwarna lain ketika mencuci.

3. Gantung Pakaian

Karena bahan ini mudah kusut, maka ada baiknya untuk menggantung pakaian yang selesai dicuci. Hal ini untuk menghindari bekas lipatan yang sulit hilang walau sudah disetrika. Selain itu, menggantung pakaian akan membuat tekstur kain tetap bagus meski tidak disetrika.

Berbagai pakaian dengan bahan supernova bisa dijumpai dengan mudah di pasaran. Selain berharga murah dan kualitasnya yang bagus, warna yang disajikan oleh kain ini juga cukup menawan. Tak heran semakin hari, kain jenis ini menjadi semakin populer saja.

Panggil sadja Delisha ❤ Seorang muslimah yang sedang menjalani profesi sebagai penulis dan editor di Kainpusat ❤.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *