delisha Panggil sadja Delisha, Saat ini sedang menjalani profesi penulis dan editor di Kainpusat.

Kain Jersey

7 min read

kain-jersey

Bahan kain jersey merupakan salah satu  bahan kain yang paling banyak diincar para produsen di dunia fashion. Bahkan, kain jersey disebut-sebut sebagai kain yang banyak digunakan untuk produksi fashion busana muslim di tahun 2018 sampai 2019. Anda bisa melihat hampir di setiap toko busana muslim pasti menjual pakaian, kerudung, gamis, hijab yang dibuat dari kain jersey.

Bahan jersey sendiri memiliki ciri khas berupa bahan yang dingin dan langsung jatuh ketika dikenakan. Selain itu, kain ini memiliki tekstur elastis ketika ditarik dan juga lembut sehingga sangat digemari sebagai bahan kerudung. Pilihan warna pada kain jersey juga sangat beragam membuat orang banyak jatuh cinta dengan bahan ini.

Mengenal Bahan Kain Jersey 

Mengenal-Kain-Jersey
source: bukalapak

Kain jersey adalah jenis kain rajut yang dibuat dari kombinasi bahan sintetis dan bahan katun. Kain jersey berasal dari suatu daerah bernama Pulau Jersey yang ada di antara negara Prancis dan Inggris.

Kain ini ada mulanya dibuat dari wol dan banyak digemari karena sifatnya yang bisa direnggangkan atau elastis.

Tidak hanya dapat diregangkan, kain ini memiliki tekstur permukaan yang tak berbulu, lebih halus dan tebal ketimbang jenis kain spandek lainnya.

Dengan sifat kain yang mudah mengikuti bentuk tubuh pengguna, sangat disarankan bagi wanita yang membeli gamis dari bahan kain jersey untuk mencari yang tebal. Hal ini bertujuan agar gamis tidak mencetak lekukan tubuh.

Karakteristik Bahan Jersey

Karakteristik-Bahan-Jersey
source: shopee

Bahan jersey memiliki ciri-ciri yang cukup mudah dikenali di pasaran karena keunikannya, berikut karakteristik kain jersey:

1. Bahan jersey dapat merenggang (cotton stretch) karena sifatnya yang sangat elastik dan fleksibel.

2. Kain jersey termasuk kain yang tidak terlalu perlu disetrika karena tidak mudah kusut

3. Tekstur kain sangat nyaman ketika digunakan karena dingin dan langsung jatuh mengikuti lekuk tubuh dan tidak ketat

4.  Anda bisa memilih kain jersey dengan berbagai tingkat ketebalan yang tersedia. Kain yang lebih tebal biasanya untuk gamis sementara yang lebih tipis umumnya digunakan pada bahan kerudung

5. Warna yang ditawarkan berbagai macam dari mulai terang, gelap, hingga warna-warna lembut

Jenis Kain Jersey di Pasaran

Jenis-Kain-Jersey-di-Pasaran
source: bukalapak

1. Spandek Jersey atau Spandek ITY

Kain spandek jersey juga dikenal sebagai spandek jersey korea. Kain ini memiliki karakteristik khusus seperti permukaan kain yang keset dan serat yang halus. Ketika dilihat, kain ini tidak mengkilap dan warna yang ditawarkan juga kalem atau soft. Ketika digunakan, kain ini terasa sangat lembut dan sejuk. Bobot kain jersey ini umumnya 280 gsm. Kualitas spandek jersey ITY disebut sebagai kualitas terbaik.

2. Jersey Stella

Jenis jersey satu ini masuk ke dalam jenis Jersey Super. Kualitas dari kain ini satu grade di bawah spandek ITY dengan tekstur yang lembut saat disentuh. Bahan jersey stella juga tidak mengkilap serta tekstur sedikit licin ketimbang bahan ITY. Kualitas ini setara dengan harganya yang memang sedikit lebih mahal, Lebar kain jersey yang dipasarkan umumnya 1,75 m dengan bobot seberat 210 gsm sampai 220 gsm.

3. Jersey Hight Twist

Jenis jersey satu ini merupakan jersey yang sangat kaya warna. Bahkan pilihan warnanya yang tersedia di pasaran mencapai tiga puluhan warna. Harga kain ini juga sangat terjangkau dengan rajutan kain rapi sehingga termasuk salah satu kain yang banyak digunakan di pasaran.

Jersey Hight Twist memiliki tampilan mengkilap berkat campuran bahan sintetis polyester. Karena ada campuran polyester membuat kain ini sedikit panas. Jersey ini ada dua jenis yaitu tenun dan kaos. Jersey tenun tidak melar dan umum digunakan untuk model blazer dan jas. Sementara jersey kaos bersifat melar dan umum digunakan untuk kerudung dan gamis.

4. Jersey Etiway

Jersey Etiway bisa dikatakan masuk ke dalam kategori hight twist, namun kain jersey satu ini memiliki bobot sekitar 210 gsm dengan lebar kain 180 cm. Kain jersey etiway memiliki karakteristik serat rajutan yang kurang rapi terutama dibandingkan jersey sebelumnya. Bahan jersey etiway juga lumayan sejuk. Tampilan jersey sedikit mengkilap dan bahannya juga jatuh saat dikenakan.

5. Jersey Serena

Tekstur permukaan pada jersey serena cukup padat dan lembut dengan berat 210 gsm. Anda para penyuka produsen pakaian jersey dari Nika dan Adidas, tidak ada salahnya memilih bahan jersey serena karena kualitas bahan ini hampir setara dengan Nike dan Adidas.

Jersey serena memiliki karakteristik berupa tingkat kerenggangan atau elastisitas yang tinggi. Bahan ini juga mudah kering dan menyerap keringat sehingga banyak ditujukan untuk pembuatan seragam olahraga. Bahannya yang lembut dan sejuk juga membuat jersey serena banyak disukai.

6. Jersey Scarlet dan Jersey Sherly

Bahan jersey scarlet merupakan bahan jersey yang paling murah dan banyak dipilih untuk produksi pakaian gamis yang murah meriah atau harga di kisaran Rp 100 ribuan. Namun, Anda tentu harus siap-siap dengan kualitasnya yang lebih rendah karena harga yang memang lebih murah.

Permukaan bahan jersey scarlet akan lebih kasar. Serat kainnya juga cenderung renggang serta tidak rapi. Pilihan warna umumnya tidak terlalu terang dan cenderung sedikit kusam. Bahan kain jersey scarlet juga tidak terlalu dingin ketika dikenakan.

7. Jersey Crepe

Bahan jersey ini juga dikenal sebagai Spandek Crepe. Tekstur bahan ini termasuk sangat unik seperti jeruk. Karena teksturnya yang unit ini membuat orang tertarik untuk membelinya. Panjang kain dalam satu kilogram kain jersey adalah 2,5 sampai 2,8 meter tergantung dari ketebalan dan bobot kainnya.

8. Jersey Rayon

Kain ini juga disebut sebagai Spandek Rayon. Jersey rayon termasuk kain jersey yang banyak diburu para produsen gamis. Umumnya jersey rayon digunakan sebagai bahan dasar gamis karena teksturnya yang lembut dan mudah menyerap keringat.

9. Jersey Drifit

Kain jersey drift dibuat dari campuran serat nilon, polyester, dan katun. Bahan ini banyak digunakan untuk membuat pakaian olahraga seperti badminton, sepakbola dna tenis. Sifat pakaiannya yang adem dan ringan membuatnya sangat nyaman ketika digunakan berolahraga.

Ada dua jenis kain jersey drift yang ditawarkan di pasaran seperti lokal dan grade ori. Konsumen umumnya menyukai jenis kain jersey drift ori karena lebih halus, adem, dan elastis saat dipakai di tubuh. Sementara drift lokal cocok dipilih bagi Anda yang ingin lebih hemat dengan membeli kain yang harganya lebih murah.

10. Jersey Paragon

Kain jersey paragon disukai untuk membuat baju pakaian basket. Hal ini dikarenakan karakteristiknya yang lebih hangat dan tidak melar seperti jersey kebanyakan. Oleh karena itu, pemakaian baju dari jersey paragon akan membuat bodi pakaian pemakainya tercetak jelas. Namun, jersey ini juga sangat cocok untuk dibuat jersey longgar. Dari segi harga sendiri jersey paragon lebih murah sehingga sangat ekonomis.

Kelebihan Bahan Jersey

Kelebihan-Bahan-Jersey
source: bukalapak

1. Memiliki Berbagai Macam Varian Warna

Kain bahan jersey memiliki beragam varian warna dari mulai warna terang atau cerah, warna soft (kalem), sedikit pudar hingga warna yang gelap. Beraneka ragamnya pilihan warna ini membuat konsumen khususnya kaum hawa sangat menyukai pakaian berbahan jersey terutama untuk pakaian muslim di Indonesia.

2. Memiliki Banyak Variasi Tingkat Ketebalan Bahan

Ketebalan bahan kain jersey yang ditawarkan di pasaran juga beraneka ragam. Anda yang ingin mencari jersey yang tipis, bisa mencari jersey dengan berat sekitar 160 gsm. Namun, sangat disarankan bagi Anda yang ingin membuat baju atau pakaian gamis dari jersey maka carilah yang cukup tebal agar tak membentuk tubuh.

3. Mampu Menyerap Keringat dengan Baik

Bahan jersey terbuat dari kombinasi berbagai bahan, seperti polyester dan katun. Namun, bahan terbesar untuk membuat kain jersey sendiri adalah bahan katun yang dibuat dari kapas. Karena terbuat dari bahan kapas, maka kain ini memiliki sifat penyerapan keringat yang lebih baik. Alhasil, bahan jersey sangat cocok digunakan untuk membuat pakaian olahraga.

4. Bahannya Cepat Kering

Saat pakaian ini telah dicuci dan dijemur, pakaian yang terbuat dari bahan jersey termasuk sangat mudah kering. Karenanya, menggunakan pakaian yang terbuat dari bahan jersey membuat Anda lebih hemat energi dan waktu dari mulai menjemur hingga mengangkatnya. Bahan jersey yang cepat kering juga membuat kain ini sangat cocok dipilih saat musim hujan.

5. Sifat Kainnya Tidak Mudah Kusut

Pakaian dari bahan jersey juga merupakan salah satu pakaian yang cocok dipilih oleh Anda yang malas untuk mensetrika baju setiap hari. Kain jersey memiliki sifat tidak mudah kusut sehingga Anda bisa langsung mengenakan pakaian yang dijemur tanpa perlu dirapikan atau disetrika.

6. Bahannya Awetawet

Bahan kain jersey termasuk sangat awet terutama dari segi warnanya. Pakaian yang dibuat dari bahan jersey tidak mudah pudar meski sudah digunakan dalam waktu lama. Warna pakaian tersebut terus terlihat baru dan bagus. Alhasil, orang-orang tidak akan mengira pakaian yang Anda pakai ternyata sudah dibeli beberapa tahun yang lalu karena sifat kainnya yang anti pudar.

7. Bahannya Melar, Fleksibel, dan Jatuh

Kain jersey sangat nyaman dikenakan karena sifatnya yang mudah melar dan jatuh. Karena sifatnya yang melar inilah membuat pakaian dari bahan jersey tidak akan melekat di tubuh. Badan juga tidak akan terlihat menggelembung ketika mengenakan pakaian berbahan jersey. Namun, bagi Anda yang membeli gamis berbahan jersey, disarankan untuk memilih jersey tebal agar tidak terlalu membentuk bodi tubuh.

8. Memiliki Harga Terjangkau

Dengan kualitas yang mumpuni, kain jersey dipasarkan dengan harga yang cukup terjangkau. tak heran, Anda tentu sering melihat gamis yang dijual murah rata-rata terbuat dari bahan jersey yang fleksibel dan jatuh. Namun, rata-rata baju gamis murah ini dibuat dari jersey tipis sehingga membuat lekuk tubuh terbentuk. Sebaiknya tetap pilih yang tebal meski harga sedikit lebih mahal.

Kekurangan Bahan Jersey

Kekurangan-Bahan-Jersey
source: bukalapak

1. Rentan Rusak Jika Terlalu Sering Disetrika

Pakaian dari bahan jersey bisa dibilang benar-benar pakaian anti-setrika alias tidak perlu terlalu sering disetrika. Pasalnya, tidak hanya kain jersey ini tidak mudah kusut, namun ketika terlalu sering disetrika justru membuatnya mudah rusak. Oleh karena itu, Anda hanya perlu mensetrika baju dari bahan jersey sesekali saja ketika memang ada sedikit lipatan di kain.

2. Membentuk Lekuk Tubuh Penggunanya

Bagi kaum hawa terutama muslimah, sifat kain jersey yang jatuh dan mengikuti lekuk tubuh pengguna ini cukup mengganggu dan tidak mengenakkan. Hal ini berkaitan dengan larangan mengenakan pakaian yang ketat atau membentuk lekuk tubuh bagi wanita muslimah yang telah baligh. Namun, sebenarnya Anda tetap dapat menggunakan gamis jersey ini selama kain tersebut tebal dan lebar.

3. Beberapa Jenis Kain Jersey Cukup Berat

Untuk bobot kain jersey sendiri cukup beragam. Apabila Anda membeli pakaian dari bahan jersey yang tebal, maka tentunya akan membuat bobot pakaian cukup berat. Terutama, bobot yang berat ini akan terasa saat pakaian terkena air seperti sedang dicuci. Oleh karena itu banyak orang lebih memilih laundry baju gamis jersey mereka karena dirasa berat ketika dikucek sendiri.

4. Serat Kainnya Tipis dan Menerawang

Sifat kain jersey yang tipis dan terawang bergantung dari kualitas yang dibeli. Jika yang dibeli kualitas premium tentunya kain tidak tipis dan juga tidak akan menerawang karena jarak antara serat yang rapat. Namun, jika yang dibeli adalah kualitas standar, maka bahan memang cenderung terawang dan tipis.

Penggunaan Bahan Kain Jersey

Penggunaan-Bahan-Kain-Jersey
source: youtube

Penggunaan bahan kain jersey sangat beragam di pasaran. Tujuan penggunaan umumnya ditentukan oleh jenis jersey tersebut. Misalnya jersey hight twist umum digunakan untuk membuat kaos bola dengan tampilannya yang sedikit mengkilap.

Selain jersey hight twist, bahan jersey Serena menjadi salah satu kain jersey yang banyak ditujukan untuk membuat kaos olahraga.

Bahan jersey juga banyak digunakan oleh produsen fashion muslim untuk membuat pakaian gamis, kerudung, jilbab, mukena dan masih banyak lainnya. Selain digunakan untuk pakaian, kain jersey juga bisa digunakan sebagai bahan selimut.

Harga Kain Jersey di Pasaran

Harga-Kain-Jersey-di-Pasaran
source: tokopedia

Anda bisa membeli kain jersey di pasaran yang dijual meteran, kiloan ataupun satu gulung (roll). Harga jersey sendiri bervariasi bergantung jenis dan kualitasnya. Misal untuk jersey polos umumnya dijual mulai dari Rp 25.000 sampai Rp 35.000 per meternya.

Sementara untuk jersey berkualitas premium alias grade A, harganya di kisaran Rp 63.000 hingga di atas Rp 80.000 per meter.

Cara Merawat Pakaian Jersey

Cara-Merawat-Pakaian-Jersey
source: youtube

1. Mencuci Pakaian Jersey

Untuk mencuci pakaian dari bahan jersey bisa menggunakan deterjen cair yang bertujuan agar serat pada kain tidak kaku setelah dicuci. Untuk mencegah benang keluar ataupun serat kain rusak, kucek saja pakaian dibanding menggunakan mesin cuci. Anda cukup mengucek seadanya saja selama kain tidak terlalu kotor.

2. Menjemur Pakaian Jersey

Ketika menjemur pakaian, jangan terlalu diremas sampai dipelintir dengan maksud agar air keluar. Memelintir pakaian berbahan jersey justru membuat pakaian mudah melar dan rusak. Selain itu, hindari penggunaan pengering pada mesin cuci. Saat menjemur juga sebaiknya jemur di bawah atap atau diangin-anginkan saja. Hindari di bawah sinar matahari langsung.

3. Menyetrika Pakaian Jersey

Jika memang butuh untuk disetrika, Anda cukup setel setrika di suhu sedang (medium). Jangan setel di suhu terlalu tinggi karena akan merusak serat pada kain jersey. Selain itu, kain juga bisa menimbulkan efek mengkilap yang mengganggu.

Apabila perawatan bahan kain jersey dilakukan dengan benar, maka Anda bisa terus menggunakan pakaian ini hingga bertahun-tahun. Apalagi, kain jersey termasuk kain dengan warna yang anti luntur.

Mau tau info lebih lanjut tentang seputar kain? atau ingin memesan kain yang telah kami jelaskan?
 

Silahkan hubungi kami via no: Whatshaap Admin : +62822-8230-1764

 

delisha
delisha Panggil sadja Delisha, Saat ini sedang menjalani profesi penulis dan editor di Kainpusat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *