delisha Panggil sadja Delisha, Saat ini sedang menjalani profesi penulis dan editor di Kainpusat.

Kain Perca

9 min read

kain-perca

Bahan kain perca tentu sudah tidak asing bagi telinga masyarakat pada umumnya. Kain perca ini bisa terbentuk dari bahan apa saja karena kain perca ini terbentuk dari sisa penggunaan kain pembuatan pakaian yang sudah tidak terpakai. Sehingga untuk konveksi atau pabrik garmen, kain perca merupakan jenis limbah yang harus dibuang. Jumlahnya yang banyak membuat pabrik kesulitan untuk mengolahnya.

Namun bagi beberapa orang, kain perca merupakan barang ekonomis yang bisa memberikan Anda keuntungan yang besar. Kain perca bisa diolah kembali menjadi berbagai kerajinan tangan seperti tutup kulkas, kebutuhan sehari-hari dan lain sebagainya. Kain perca bahkan memiliki motif dan keunikan tersendiri kita dipadukan dengan bahan yang lainnya. Yuk simak lebih jelasnya dari Kain pusat dibawah ini.

Apa Itu Kain Perca?

apa-itu-kain-perca
source: bisnisukm

Kain perca merupakan kain yang dihasilkan dari potongan kain besar. Kain perca terbentuk dari hasil sisa potongan kain yang besar. Bahan kain perca bisa terbuat dari apa saja tergantung dari bahan kain besar yang digunakan untuk membuatnya.

Untuk dimanfaatkan kembali, Anda perlu memahami teknik menjahit kain perca yang benar. Anda bisa menggunakan mesin jahit atau menjahitnya dengan tangan.

Jika Anda mampu mempelajari teknik menjahit kain perca yang sesuai, maka Anda bisa menghasilkan berbagai kerajinan yang menarik dan unik.

Beberapa kerajinan tersebut bisa menarik perhatian para pembeli. Dengan begitu tak ada laki limbah kain yang bisa mencemari lingkungan, karena sudah diolah menjadi produk lain yang bisa berguna untuk kebutuhan sehari-hari.

Kerajinan Kain Perca

kerajinan-kain-perca
source: idntimes

Bahan kain perca bisa digunakan untuk membuat berbagai kerajinan yang bisa memiliki fungsional yang berbeda. Anda bisa menemukan kain perca di tukang jahit ataupun pusat konveksi.

Disana biasanya akan terdapat banyak kain perca yang merupakan potongan dari sisa kain yang tidak terpakai lagi. Daripada harus dibuang, sebaiknya kain perca digunakan untuk membuat berbagai kerajinan.

Banyak sekali kerajinan yang bisa Anda buat dari kain perca. Hal ini bisa Anda jadikan sebagai peluang bisnis yang cukup menjanjikan.

Kondisi ini membuat para pebisnis tidak mau menyia-nyia peluang yang berharga ini, mereka pun berkreasi dengan menggunakan kain perca. Berikut beberapa kerajinan dari kain perca yang bisa Anda jadikan peluang bisnis.

1. Kursi makan kain perca

kursi-makan-kain-perca
source: id.aliexpress

Kursi makan seringkali memiliki lapisan kain yang cepat rusak karena sering digunakan. Anda bisa mengganti bagian yang rusak tersebut dengan kain perca. Hal ini bisa membuat Anda menghadirkan nuansa lain untuk kursi makan yang Anda miliki. Anda bisa memadukan warna dan juga motif yang sesuai agar kursi makan bisa terlihat menarik dan berbeda.

Daripada Anda harus membayar jasa untuk memperbaiki kondisi kursi, akan lebih baik jika anda memanfaatkan bahan bekas yang berguna.

2. Selimut kain perca

slimut-kain-perca
source: decoruma

Selimut merupakan kebutuhan rumah tangga yang biasanya digunakan untuk tidur. Anda bisa membuat selimut dari kain perca untuk menampilkan kesan yang unik. Dengan bentuk motif yang memiliki seni tinggi, maka bisa membangkitkan mood orang yang menggunakannya. Dengan begitu maka orang akan mendapatkan tidur yang nyenyak dan berkualitas.

Anda bisa mencari beberapa bahan kain perca yang memiliki tekstur sama. Hal tersebut dilakukan agar selimut yang dibuat bisa terasa nyaman dan lembut.

3. Sofa kain perca

sofa-kain-perca
source: decoruma

Mungkin belum banyak orang yang menggunakan sofa dengan bahan dasar kain perca. Padahal kain perca bisa meningkatkan kenyamanan pengguna secara signifikan. Anda bisa menyusun lapisan luasnya dengan kain perca dan menambahkan busa pada bagian sofa agar terasa lebih empuk. Pilihlah bahan kain perca yang adem dan bisa menyerap keringat.

Dengan begitu sofa bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama dan tetap nyaman meskipun sudah digunakan untuk jangka waktu yang panjang.

4. Bantal kain perca

Bantal-kain-perca
source: kerajinantangankita

Bantal yang dibuat dari kain perca merupakan jenis kerajinan yang cukup sederhana untuk Anda buat. Ketika Anda pertama kali ingin mencoba membuat kerajinan menggunakan kain perca maka sebaiknya buatlah yang berukuran kecil terlebih dahulu. Kain bantal merupakan kerajinan yang cocok untuk proses belajar.

Nantinya kain bantal tersebut akan diisi dengan kapuk atau penyusun bantal lainnya. Bantal bermotif kain perca ini sangat unik untuk memperindah ruangan Anda.

5. Karpet kain perca

Karpet-kain-perca
source: idntimes

Karpet dari kain perca merupakan salah satu aksesoris yang memiliki unsur keunikan dan daya tariknya sendiri. Anda bisa menyatukan berbagai jenis kain untuk menjadi suatu pola karpet yang menawan. Motif kain seperti ini akan cocok diletakkan di rumah untuk menambah unsur keindahan tersendiri. Apalagi jika bagian dinding Anda menggunakan cat berwarna polos.

Motif karpet harus disesuaikan dengan warna dinding agar lebih senada dan juga menghadirkan atmosfer yang berbeda.

6. Kreasi bed cover dari kain perca

Kreasi-bed-cover-dari-kain-perca
source: kerajinantangantop

Bed cover merupakan komponen penting untuk digunakan rumah tangga. Bed cover dari bahan kain perca akan terasa berbeda karena suasana motifnya yang beragam. Namun banyak juga orang yang menyukai motif seperti itu. Kerajinan ini bisa Anda gunakan sebagai peluang bisnis yang cukup menguntungkan.

Dengan bahan kain perca yang murah, Anda bisa menghasilkan kreasi bed cover yang unik. Motif yang memiliki keunikan tersendiri akan memiliki nilai jual yang lebih tinggi daripada bed cover motif lainnya.

7. Kreasi gorden dari kain perca

Kreasi-gorden-dari-kain-perca
source: idea.grid.id

Kreasi gorden banyak disukai karena memiliki motif yang cukup unik. Dengan begitu Anda memiliki gorden yang tidak ada duanya. Artinya tidak ada yang akan menyamainya. Keunikan tersebut akan membuat tampilan rumah Anda semakin menawan dan terasa nyaman. Gorden dari kain perca merupakan jenis kerajinan yang bisa Anda jadikan sebagai peluang bisnis.

Menghasilkan kreasi gorden dari kain perca memang tidak mudah, namun ketika diselesaikan bisa memiliki nilai jual yang tinggi karena keunikan motifnya.

8. Hiasan dinding dari kain perca

Hiasan-dinding-dari-kain-perca
source: bp-guide.id

Selain membuat perlengkapan rumah tangga, Anda juga bisa membuat hiasan dinding dengan menggunakan kain perca. Anda bisa melapisi kain perca secara bertumpuk kemudian membentuk ya menjadi sebuah pajangan. Anda bisa menjahit bagian pinggiran nya agar bisa melekat satu dengan yang lainnya.

Anda bisa membentuk motif bunga dengan kelopak yang bercorak, lingkaran dan lain sebagainya. Kemudian Anda bisa menambahkan gantungan agar pajangan bisa dikaitkan pada paku. Hiasan dinding ini bisa Anda letakkan di dinding dengan warna polos untuk memancarkan kesan yang berbeda.

9. Bandana dari kain perca

Bandana-dari-kain-perca
source: brouchterbaru

Bandana merupakan aksesoris yang sering digunakan oleh kebanyakan wanita untuk menghiasi kepalanya. Anda bisa membuat kreasi bandana dengan kain perca. Caranya pun cukup mudah. Anda hanya perlu melipat kain perca menjadi dua bagian. Kemudian pada bagian ujungnya tambahkan karet agar bisa digunakan untuk kepala.

Ukuran kepada Anda terlebih dahulu agar karet tidak kependekan atau kekecilan. Anda bisa menggunakan karet yang besar agar bandana bisa awet digunakan. Motif yang beragam akan membuat bandana menjadi unik dan bisa Anda jual agar bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

10. Boneka dari kain perca

Boneka-dari-kain-perca
source: rumahcreative

Membuat kreasi boneka dari kain perca memang banyak sekali dilakukan. Bahkan banyak sekali tutorial yang membahas tentang cara pembuatan boneka dari kain perca yang bisa Anda tiru. Pembuatan boneka dari kain perca memang membutuhkan waktu yang cukup lama. Anda juga perlu menambahkan beberapa aksesoris seperti kancing untuk matanya dan lain sebagainya.

Agar tidak terlalu sulit, Anda bisa membuat boneka berukuran kecil terlebih dahulu. Anda bisa menambahkan kaitan untuk dijadikan gantungan kunci.

11. Tas dari kain perca

Tas-dari-kain-perca
source: caraseobali

Membuat kerajinan tas merupakan salah satu peluang bisnis yang cukup menguntungkan, karena tas banyak digunakan untuk berbagai keperluan. Tas juga dibutuhkan untuk menyimpan barang ataupun aksesoris fashion. Agar lebih unik, Anda bisa membuat tas dengan bahan dasar kain perca.

12. Gantungan kunci dari kain perca

Gantungan-kunci-dari-kain-perca
source: santaidamai

Gantungan kunci banyak digunakan untuk aksesoris dan juga sebagai pembatas agar kunci tidak mudah hilang atau bisa dibedakan dengan lebih mudah. Agar terlihat unik dan tidak mudah tertukar, maka Anda bisa membuat kreasi kain perca untuk menjadi gantungan kunci.

Anda bisa mempelajari cara melipat kain perca untuk dijadikan sebuah objek seperti segitiga, kotak dan lain sebagainya.

13. Tas handphone dari kain perca

Tas-handphone-dari-kain-perca
source: okeinfo

Kebanyakan orang membutuhkan tas handphone untuk pelengkap fashion dan juga tempat organizer. Dengan adanya tas handphone maka gaya berpakaian Anda bisa semakin menawan. Selain itu handphone menjadi lebih aman dan mudah untuk di bawa-bawa. Tas handphone tentu memiliki ukuran yang kecil sehingga Anda bisa menggunakan kain perca untuk membuatnya.

Anda bisa memadukan motif kain perca agar tas handphone terlihat menarik. Jangan lupa tambahkan tali agar bisa digunakan. Anda bisa membuat tali dengan menggunakan kain perca.

14. Kolase dari kain perca

Kolase-dari-kain-perca
source: rindynuristyaningrum

Kolase merupakan bentuk objek yang dibuat dari bahan tertentu. Biasanya kolase ini dijadikan sebagai pajangan. Nantinya hasil kolase ini akan dibalut dengan bingkai foto yang menawan. Kolase ini cukup menarik karena bisa disusun dengan menggunakan material apapun termasuk kain perca.

Anda bisa menentukan polanya terlebih dahulu, misalnya gambar bunga. Kemudian buat satu persatu komponennya seperti batangnya, kemudian daunnya dan disusun menjadi pola yang sudah ditentukan. Anda bisa menempel kain perca dengan menggunakan lem.

15. Kalung dari kain perca

Kalung-dari-kain-perca
source: tokopedia

Terdapat beberapa teknik yang bisa Anda pelajari agar bisa membentuk kreasi dari kain perca, salah satunya adalah kalung. Bagi para pecinta aksesoris, tentu kalung memiliki daya tarik tersendiri untuk melengkapi gaya berpakaian. Untuk itu motif kain perca akan cocok digunakan untuk membuat kalung yang nampak unik dan berbeda.

16. Kreasi alat bantu masak dengan kain perca

Kreasi-alat-bantu-masak-dengan-kain-perca
source: fesyendesign

Alat bantu untuk memasak biasanya akan terbuat dari kain yang ditambah sedikit busa agar terasa lebih tebal. Untuk membuat alat bantu Anda tidak perlu menggunakan banyak kain. Sehingga kreasi ini sangat cocok Anda buat dari bahan kain perca.

17. Aneka kreasi bros dari kain perca

Aneka-kreasi-bros-dari-kain-perca
source: economy.okezone

Kain perca memang bisa dijadikan sebagai bahan utama untuk menjalankan sebuah bisnis, karena kain perca bisa dibentuk menjadi model apa saja dan memiliki harga yang murah. Sehingga Anda bisa menekan biaya produksi untuk bisa mendapatkan produk dengan harga jual yang tinggi.

Dengan begitu maka Anda bisa menerapkan prinsip ekonomi yang mana mengeluarkan modal yang lebih kecil untuk mendapatkan keuntungan yang besar. Anda bisa menjual kreasi bros yang dibuat di sosial media ataupun beberapa media bazar yang lainya.

18. Baju masak dari kain perca

Baju-masak-dari-kain-perca
source: fimela

Baju masak biasanya digunakan saat memasak agar baju Anda tidak kotor. Baju masak biasanya terbuat dari kain sehingga mudah dibersihkan. Salah satu kain yang bisa digunakan adalah kain perca. Anda bisa menyambung kain perca untuk menjadi bagian kain yang lebih besar.

Kemudian bentuk pola untuk membuat baju masak yang sesuai. Kemudian potong kain sesuai dengan pola yang dibuat. Jahit bagian pinggiran nya agar terlihat lebih rapi. Tambahkan tali untuk media pengikatnya. Anda bisa menggunakan kain perca juga untuk membuat tali tersebut.

Ciri-Ciri Kain Perca

Ciri-Ciri-Kain-Perca
source: tokopedia

Kain perca memiliki karakteristik tersendiri dan memiliki ciri-ciri khusus yang membedakannya dengan bahan kain yang lainnya. Untuk lebih jelasnya, mari simak beberapa ciri bahan kain perca .

1. Berbentuk potongan

Kain perca akan berbentuk potongan dari sisa-sisa kain. Sehingga Anda perlu menggabungkan bagian-bagian tersebut untuk menjadi sebuah kerajinan tangan yang unik.

2. Berukuran kecil

Terbuat dari sisa potongan kain, membuat kain perca memiliki ukuran yang kecil. Kondisi ini membuat kain perca bisa diolah dengan lebih mudah. Anda bisa berkreasi menyambungkan beberapa kain perca untuk membentuk motif yang lebih menarik.

3. Ukuran tidak sama rata

Kain perca biasanya akan memiliki ukuran yang tidak rata dan bisa berbeda-beda. Hal tersebut terjadi karena kain perca dihasilkan dari sisa kain yang sudah tidak terpakai. Sehingga sisa guntingannya tidak selalu sesuai dan bisa menyebabkan pola kain tidak rata.

4. Memiliki motif yang tidak beraturan

Dalam sebuah pabrik konveksi, biasanya akan ditemukan kain perca yang memiliki motif beragam. Untuk itu Anda perlu memahami teknik dan cara yang tepat untuk bisa mengolahnya menjadi kerajinan yang memiliki manfaat lain.

Manfaat Kain Perca

Manfaat-Kain-Perca
source: shopee.co.id

Bahan kain perca bisa Anda manfaatkan untuk  peluang usaha dengan modal yang kecil namun peluang bisnisnya cukup menjanjikan. Menjalankan bisnis ini tidak begitu sulit dan bisa Anda lakukan dengan cepat. Berikut beberapa hal yang harus Anda persiapkan untuk menjalankan bisnis kerajinan dari kain perca.

1. Temukan ide kerajinan

Untuk membuat sebuah kerajinan agar memiliki nilai jual yang tinggi, Anda perlu menemukan ide terlebih dahulu. Berbagai kerajinan seperti kalung, sprei, karpet, tas dan lain sebagai bisa dibuat dari kain perca. Agar lebih terfokus pada sebuah produk, maka Anda perlu menentukan jenis kerajinan yang akan dibuat.

2. Asah pengetahuan tentang teknik jahit kain perca

Jika sudah menentukan jenis kerajinan yang akan dibuat, maka langkah selanjutnya adalah mengasah teknik pembuatannya dengan baik dan tepat. Hal ini akan membuat Anda bisa mengembangkan kreasi sesuai dengan teknik yang sesuai. Dengan begitu Anda bisa menghasilkan produk yang unik dan memiliki nilai jual yang tinggi.

3. Persiapkan perlengkapan yang dibutuhkan

Untuk membuat ide Anda terwujud, tentunya akan dibutuhkan beberapa perlengkapan pendukung seperti mesin jahit dan lain sebagainya. Anda perlu mempersiapkan alat tersebut agar bisa segera memproduksi barang dagangan. Gunakan jumlah perlengkapan yang sesuai dengan target jumlah produksi Anda.

4. Bangun kerja sama dengan penghasil kain perca

Agar bisa mendapatkan penghasil kain perca secara stabil dan juga mendapatkan harga yang murah, maka Anda harus membangun kerja sama dengan penghasil kain perca seperti pusat konversi dan lain sebagainya. Dengan begitu maka Anda bisa mendapatkan bahan baku utama untuk menjalankan bisnis Anda secara rutin dan berkualitas.

Harga Kain Perca

Harga-kain-perca

Harga kain perca yang dijual di pasaran tentu akan berbeda-beda tergantung dari bahan yang membuatnya. Kain perca bisa dihasilkan dari sisa bahan apa saja. Namun biasanya bahan kain perca di jual dengan harga kisaran 12 ribu perkilo. Ini merupakan harga umum kain perca yang dijual di pasaran. Harga bisa saja berbeda tergantung dari produsen yang menyediakan kain tersebut.

Kekurangan Kain Perca

Kekurangan-Kain-Perca
source: pt.banggood.com

Meskipun sering digunakan, namun ternyata bahan kain perca juga memiliki berbagai kekurangan. Berikut beberapa kekurangan yang dimiliki oleh kain perca.

1. Dibutuhkan waktu yang lama untuk mengolah kain perca

Untuk bisa mengubah kain perca menjadi kerajinan, Anda membutuhkan pengetahuan yang cukup untuk bisa mengelolanya dengan baik. Untuk itu tentunya Anda akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mempelajarinya kemudian mempraktekkannya kembali. Jika sudah menguasai dengan benar barulah Anda bisa membuat produk yang berguna.

2. Produktivitas rendah

Bisnis kerajinan kain perca memiliki produktivitas yang rendah, karena Anda akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk membuat kerajinan dari kain perca. Sehingga dalam kurun waktu tertentunya Anda hanya bisa menjual beberapa jenis kerajinan saja. Meskipun memiliki produktivitas yang rendah, Anda bisa menggunakan sistem PO untuk pembuatan kerajinannya.

Kelebihan Kain Perca

Kelebihan-Kain-Perca
source: sea.banggood.com

Selain kekurangan, bahan kain perca juga memiliki berbagai kelebihan. Berbagai kelebihan ini bisa menguntungkan bagi masyarakat. Saat ini kain perca bukan lagi bahan yang tidak berguna, namun bisa memiliki berbagai manfaat. Berikut akan diulas beberapa kelebihan dari kain perca.

1. Mengurangi limbah pabrik kain

Tempat konveksi kain tentu akan menggunakan bahan bahan untuk membuat pakaian. Untuk mendapatkan cutting yang sesuai, maka akan terdapat beberapa bagian kain yang akan dibuang. Hal ini bisa mengakibatkan limbah. Namun dengan pengolahan yang tepat maka kerajinan kain perca akan mengurangi limbah tersebut dan bisa mendaur ulang produk jadi lebih berguna.

2. Mudah didapatkan

Kain perca bisa Anda dapatkan dengan mudah di berbagai tukang jahit ataupun pusat konveksi. Anda akan melihat kain perca dikumpulkan pada sebuah wadah. Anda bisa membelinya untuk dijadikan bahan kerajinan. Biasanya kain perca akan dijual dengan harga yang murah, karena memang kain perca terbentuk dari bahan sisa kain yang sudah digunakan.

3. Bisa dimanfaatkan sebagai peluang bisnis

Mungkin awalnya kain perca dianggap sudah tidak berguna dan tidak bisa dimanfaatkan kembali. Namun ternyata saat dipikirkan kembali, kain perca bisa dijadikan sebagai peluang bisnis yang menguntungkan.

Untuk menjalankan bisnis ini, Anda tidak perlu menggunakan modal yang banyak karena bahan utamanya memiliki harga yang sangat ekonomis.

Setelah mengetahui informasi lengkap tentang bahan kain perca, Anda bisa lebih memahami apa saja manfaat, kelebihan dan kekurangannya. Dengan begitu Anda bisa memanfaatkan kain perca secara lebih maksimal untuk berbagai kebutuhan. Bahkan Anda bisa memulai bisnis baru yang mampu menghasilkan banyak keuntungan dengan bahan baku yang ekonomis.

Anda bisa mengambil kain perca yang sudah tidak terpakai untuk bisa dijahit kembali menjadi kebutuhan rumah tangga yang berguna. Bisnis ini sangat menjanjikan karena bisa memberikan Anda banyak keuntungan, karena banyak sekali masyarakat yang berminat dengan kerajinan kain perca. Motifnya yang unik membuatnya banyak disukai oleh para masyarakat pada umumnya.

Mau tau info lebih lanjut tentang seputar kain? atau ingin memesan kain yang telah kami jelaskan?
 

Silahkan hubungi kami via no: Whatshaap Admin : +62822-8230-1764

 

delisha
delisha Panggil sadja Delisha, Saat ini sedang menjalani profesi penulis dan editor di Kainpusat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *